Sepanjang tahun 2012, hingga pertengahan 2013 ini bisnis di Indonesia sedang menggeliat. Sekolah-sekolah bisnis, mentoring bisnis dan peluang bisnis banyak digalakkan. Imbasnya, pebisnis baru bermunculan yang pada putaran akhir terseleksi pebisnis ulung yang mampu bertahan dengan bisnis yang telah dirintis. Lalu bagaimana peluang di 2013 di ambang pemilihan presiden.
Sedikit saya coba memperkirakan bisnis yang masih menguntungkan dilihat dari perjalanan 2012- hingga pertengahan 2013
- Bisnis Kuliner. tipe bisnis ini masih akan memiliki pasar jangka panjang. Brand-brand kuat lama sudah mulai bingung dengan brand-brand baru yang sedikit banyak masuk di persaingan kuliner rakyat. Penyajian menarik, kualitas rasa ngangenin dan harga terjangkau menjadi pilihan. Sehingga mengikat konsumen dengan beragam trik harus ekstra dilakukan oleh pelaku bisnis ini. Kalau tidak, segeralah mempercantik tampilan dan kualitas pelayanan.
- Bisnis minuman. tipe bisnis ini juga akan tetap memiliki pasar jangka panjang dengan segmen yang terus baru. Manusia butuh air lebih banyak dari pada makanan. Peluang ini tentu harus dihadapi dengan kualitas minuman sehat dan mudah didapatkan. Jika dahulu orang harus pergi ke alun-alun untuk beli es cincau, maka tidak ada salahnya jika kali ini cukup berkunjung ke tetangga terdekat dan mendapatkan minuman segar dan sehat.
- Bisnis pulsa. Tipe bisnis ini juga akan tetap bertahan meskipun internet banking sudah menyediakan layanan pengisian pulsa. Kalau perlu di setiap sudut gang sudah harus ada counter pulsa dengan tampilan baru.
- Valas. Bisnis satu ini gampang-gampang susah. Terlebih-lebih banyak gosip beredar dan mudah dipercaya bahwa forex adalah bisnis paling tinggi return-nya. Padahal risk dan return berimbang. Jadi menurut blogger sahabat, bisnis ini harus dilingkupi oleh mental dan ilmu yang cukup.
- Beras. Kalau yang satu ini tidak perlu disanggah dengan berbagai macam alasan. Sebab barang yang dijual adalah termasu bahan pokok. Jadi lanjutkan untuk sahabat yang telah masuk di bisnis ini.
- Jasa pengiriman. Bahasa familiarnya adalah kurir. Bisnis ini juga mengambil tempat cukup dominan di setiap jalur lalulintas bisnis. Baik darat, laut dan udara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar